Upaya Bapertarum Untuk PNS

Upaya Bapertarum Untuk PNS - Pemerintah melalui Badan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (BAPERTARUM-PNS) akan terus berupaya mendorong pemilikan rumah untuk Para Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. Pasalnya saat ini masih banyak PNS yang belum memiliki rumah sebagai kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

Kepala pelaksana Sekretaris tetap Bapertarum PNS memaparkan bahwa pemerintah melalui Kemenpera dan Bapertarum PNS sebenarnya memiliki sejumlah program yang dapat dimanfaatkan oleh para PNS. Adanya bantuan uang muka dan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan merupakan salah satu terobosan yang diharapkan dapat mendorong kepemilikan rumah.

Menurut pengamatan kebanyakan PNS di Indonesia lebih berperilaku konsumtif membeli kendaraan bermotor dan barang-barang elektronik dari pada untuk KPR Rumah. Hal ini dapat menyebabkan repayment para PNS berkurang di pihak perbankan karena banyaknya kredit yang diambil oleh para PNS.

Upaya Bapertarum Untuk PNSBerdasarkan data yang ada, realisasi penetrasi pasar perumahan untuk PNS yang dibeli melalui pola kredit maupun cash dari tahun 2013 rata-rata berkisar pada angka 12 persen. Sedangkan jumlah PNS yang belum memiliki rumah sekitar 30 persen dari 4,5 juta PNS yang ada.

Saat ini perlu adanya perubahan mind site oleh PNS bahwa dengan memiliki rumah sendiri mereka akan memiliki aset serta memberikan ketenangan dalam bekerja. Pihak Bapertarum PNS juga mengimbau agar PNS segera memanfaatkan bantuan yang disediakan oleh Kemenpera dan Bapertarum PNS.

PNS bisa memanfaatkan Bantuan Uang Muka (BUM) serta sebagian biaya membangun senilai Rp 15 juta kepada PNS golongan I hingga III dan kredit lunak khusus perumahan senilai 13 Juta yang bunganya hanya sekitar enam persen. selain itu PNS juga bisa menggunakan program FLPP untuk membeli rumah dengan suku bunga flatt yaitu 7,25 persen. 

0 Response to "Upaya Bapertarum Untuk PNS"

Post a Comment